Peringatan Nuzulul Quran Kabupaten Sumbawa Barat berlangsung dengan khusuk dan penuh hikmah, kegiatan dilaksanakan di Masjid Agung Darussalam pada Jumat malam, tanggal 1 Juni 2018.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran yang dilanjutkan dengan Sambutan oleh Bupati Sumbawa Barat. Dalam sambutannya bupati menyampaikan secara singkat tentang keutamaan alquran. Alquran merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia, dengan Alquran kita bisa membedakan antara yang hak dengan yang bathil. Beliau kemudian menceritakan tentang seorang non muslim yang mengkaji alquran untuk dicari kelemahannya, namun yang terjadi justru orang tersebut kagum dengan kandungan alquran dan akhirnya memutuskan untuk masuk Islam. Dalam kajiaanya tersebut dia menemukan bahwa Alquran mengandung tiga hal utama yaitu: 1. kita disuruh berpikir, 2. Dalam hidup ada pilihan-pilihan yang harus diambil, agar selamat gunakan parameter yang ada dalam Alquran untuk menentukan pilihan mana yang diambil. 3. Dalam Alquran dijelaskan bahwa manusia akan mengalami cobaan dan penderitaan sehingga Kita diajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu.

Bupati sumbawa Barat melanjutkan sambutannya dan mengajak seluruh masyarakat untuk membumikan Alquran. “Mari kita terus membumikan Alquran, mari bersama-sama. Kita sudah mencanangkan Tuntas Baca Alquran (TBA) dan sampai saat ini sudah lebih dari 2500 perempuan di KSB yang sudah bisa baca Quran.” Kata bupati.

Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam acara ini, lebih khusus lagi kepada TGH. Dr. Ahmad Zainuri, MA yang sudah berkenan hadir di KSB dan memberikan tausiah kepada masyarakat KSB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiah agama yang disampaikan oleh TGH. Dr.Ahmad Zainuri , MA. Dalam tausiahnya TGH. Dr. Ahmad Zainuri, MA menyampaikan bahwa dalam bulan ramadhan ibadah yang hukumnya sunat pahalanya disamakan dengan ibadah wajib. Alquran diturunkan kepada manusia dan diyakini kebenarannya karena alquran itu bersumber dari zat yang maha benar, dengan cara yang benar dan diturunkan melalui prang yang paling benar yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Dalam Surat Al-Hijir ayat 9 dijelaskan bahwa Alquran memiliki karakteristik yang tidak dimiliki kitab lainnya yaitu tidak ada keraguan didalamnya serta Alquran itu terjaga kesucian dan kemurniaanya. Meskipun seluruh manusia tidak ada yang beriman, alquran akan selalu terjaga kesuciannya dan kemurniannya karena Allah langsung yang menjaganya dengan caranya. Oleh karena itu mari kita membaca alquran, menghayatinya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 1628, Kapolres Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah, Para Kepala OPD beserta jajarannya serta para Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah Sumbawa Barat. (Bagian Humas & Protokol)