TALIWANG—Gelaran Musabaqah Tilawail Qur’an (MTQ) ke-XIV tingkat Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2018 resmi dibuka Bupati Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. Bupati pun mengharapkan masyarakat KSB terus berinteraksi dengan Al-Qur’an.

‘’Saya mengajak kita semua, untuk selalu berinteraksi aktif dengan al-qur’an, menjadikannya sebagai sumber inspirasi berfikir dan bertindak. Dengan interaksi yang aktif dengan Al-Qur’an. Diawali dengan membaca, memahami lalu mengamalkannya di setiap aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari, maka Allah SWT akan memudahkan setiap kesulitan yang kita hadapi, hingga akhirnya Allah SWT akan meninggikan harkat dan martabat serta derajat kita,” kata Bupati dalam sambutannya di arena MTQ ke-XIV di lapangan Sepak Bola Desa Mura Kecamatan Brang Ene, Senin malam (7/05/2018).

Bupati pun mengutip surat Ash-Shar ayat 5 sampai 8 untuk menyemangati rakyat KSB, yang artinya:…. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (5), Sesungguhnya sesuah kesulitan itu ada kemudahan (6). Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain (7). Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (7).

Bupati juga mengimbau masyarakat KSB menyambut bulan ramadhnya yang akan tiba dalam beberapa hari ke-depan. Manfaatkan dengan baik moment bulan ramadhan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, Karena Allah Swt telah menjanjikan pahala 10 kali lipat dari setiap huruf yang kita baca dibanding pada hari-hari biasa di bulan lainnya. Kemudian meningkatkan ibadah sholat berjamaah di masjid termasuk sholat sunat, serta memperbanyak berinfak-shodaqoh dan ibadah lain sebagai pembuktian ketakwaan kepada Allah SWT.

Kepada dewan hakim MTQ ke-XIV tingkat KSB Tahun 2018 yang sebelumnya diambil sumpahnya, Bupati mengatakan menjadi catatan bahwa hasil MTQ tingkat Provinsi NTB untuk kafilah KSB kurang begitu baik. Karenanya, Dewan Hakim MTQ tingkat KSB dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an untuk tidak berhenti di MTQ dalam pembinaan kafilah tingkat KSB. Namun sebelun ke depan terus meningkatkan pembinaan bagi kafilah MTQ KSB guna menghadap MTQ Provinsi.

Kepada Panitia dan Masyarakat Desa Mura khususnya dan Kecamatan Brang Ene umumnya, yang telah bergotong royong menyiapkan arena MTQ ke-XIV tingkat KSB Tahun 2018, Bupati mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi. Kontribusi ide, gagasan, tenaga dan anggaran menghasilkan panggung dengan berbagai pengaturan pencahayaan, landscape arena hingga prosesi pembukaan sangat berkesan. Usai membuka dengan membaca basmalah, Bupati didampingi Dandim 1628/Sumbawa Barat dan Kapolres Sumbawa Barat menaikkan Damar Kurung pertanda dimulainya MTQ ke-XIV Tingkat KSB Tahun 2018.

Ketua Panitia MTQ ke-XIV Tingkat KSB Tahun 2018, Amirudin, S.Pdi dalam laporannya menyampaikan, MTQ adalah moment untuk meningkatkan gairah dan semangat mencintai Al-Qur’an. Selanjutnya menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan dalam menjalani kehidupan. MTQ juga selaras dengan program Pemerintah KSB, yakni Tuntas Baca Al-Qur’an (TBA) atua membumikan Al-Qur’an di KSB.

MTQ merupakan kegiatan bersama masyarakat KSB. Pelaksanaan MTQ ke-XIV ini telah dipersiapkan panitia dan masyarakat sedemikian rupa dengan cara gotong royong. Roh gotong royong menyatukan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Sementara itu, untuk peserta MTQ ke-XIV Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 7 Mei sampai 12 Mei ini adalah sebanyak 334 orang dengan pendamping masing-masing delapan orang dari delapan kecamatan. ‘’Untuk itu, siapayang terbaik nantinya maka itulah yang terbaik, dan akan menjadi duta dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi, karenaya mari kita serahkan penilaian kepada dewan hakim,” katanya.

Dewan Hakim MTQ ke-XIV Tingkat KSB Tahun 2018 ini diketuai Drs. Syarifuddin, M.M yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama KSB. Drs. Syarifuddin dan hakim MTQ lainnya ditetapkan sebagai Dewan Hakim dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 464 Tahun 2018 tanggal 20 Maret.(Bagian Humas & Protokol)