TALIWANG—Kejuaraan Surfing West Sumbawa AMNT Pro 2018 yang diikuti 65 surfer profesional dari 13 negara di Pantai Yoyo’s dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, di Pantai Yoyo’s, Sabtu sore (8/09/2018).

Event Surfing West Sumbawa AMNT Pro 2018 dimotori organisasi surfing dunia World Surfing League (WSL) dan didukung penuh PT. AMNT. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai dengan 12 September di Pantai Yoyo’s, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat. Bupati pun membuka secara resmi Bupati Sumbawa Barat yang ditandai dengan pemukulan gong. ‘’Dengan mengharapkan rahmat dan ridho Allah dengan izin ibu bapak semuanya saya buka event Surfing West Sumbawa AMNT Pro 2018 dengan resmi saya nyatakan dibuka,” kata Bupati dilanjutkan dengan pemukulan gong.

Event ini lanjut Bupati, menjadi penyemangat atau trauma healing bagi masyarakat akibat gempa bumi. Masyarakat KSB khususnya warga Sekongkang dan yang berada di wilayah pesisir lainnya tidak perlu takut lagi dan naik ke atas gunung karena takut tsunami. Buktinya semua aman saja dan bahkan para surfer internasional datang menikmati ombak di KSB. Karenanya, masyarakat juga harus mendukung pariwisata. Ciptakan kebersihan, ciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. ‘’Surfing di KSB menjadi masuk 12 kegiatan surfing di Indonesia, dengan demikian kita yakni event ini akan masuk ke dalam 100 event dalam kalender pariwisata Kementerian Pariwisata RI,” ungkap Bupati.

Hadir dalam pembukaan ini, Kepala Biro Perencanaan Polda NTB. Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T. Ketua DPRD KSB, Muhammad Natsir, S.T. Sekda KSB H. Abdul Azis, S.H. Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.I.K. Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol. Czi. Eddy Oswaronto, S.T, Ketua TP PKK KSB, Hj. Hanipa Musyafirin, S.Pt, Ketua GOW KSB, Ibu Neni Apriati Fud Syaifuddin, Sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian Humas & Protokol Setda KSB.

Manajemen WSL Indonesia, Tipi Jabrik dalam sambutannya mengatakan, event surfing di Pantai Yoyo’s ini merupakan event rutin yang digelar dalam skala lokal hingga nasional. Namun pada tahun ini surfing di Pantai Yoyo’s KSB ini telah bertaraf internasional. Ini tidak terlepas karena kehadiran WSL dalam memotori kegiatan ini. Misi dari event berkelas Internasional ini adalah untuk mempromosikan secara maksimal potensi wisata dan ombak di KSB.

Sekretaris Tim Pengembangan Percepatan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata RI, Dra. Ratna Surantih, M.A berharap event ini sukses dan menjadi event tahunan internasional. Kementerian Pariwisata akan terus mempromosikan pariwisata KSB khususnya olahraga surfing.

Ketut Agus, surfer asal Bali mengatakan, Pantai Yoyo’s sangat bagus. Sejumlah temannya dari luar negeri mengaku terkesan dengan ombak di Pantai Yoyo’s termasuk suasananya yang masih natural. Kini tinggal bagaimana, masyarakat mendukung dengan menjaga kebersihan dan keamanan. Hal senada diungkapkan Ali King, surfer asal Dompu, NTB yang kali kedua mengikuti kejuaraan surfing di Pantai Yoyo’s ini. Ombaknya cukup bagus dan sangat cocok untuk surfing.(Bagian Humas & Protokol)