TALIWANG—Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M menjadi imam dalam sholat subuh berjamaah usai santap sahur bersama pada safari ramadhan di Masjid Al-Muhajirin, Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene, Senin pagi (4/06/2018).

Jika di daerah lain kepala daerahnya melaksanakan safari ramadhan hanya dengan model buka puasa bersama, berbeda dengan yang dijalani Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat. Safari ramadhan Bupati dan Wakil Bupati tidak  hanya dengan model buka puasa bersama. Namun juga dengan model sahur bersama. Bupati pun tidak hanya mengimami sholat isha dan tarawih. Namun juga sholat subuh berjamaah.

Melantunkan tiga ayat terakhir Qur’an Surat Al-Hashr di rakaat pertama dan Qur’an Surat Al-Qadr, Bupati dan seluruh makmum khusuk melaksanakan sholat subuh tersebut. Hadir dalam Safari Ramadhan dengan model sahur bersama ini, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Kapolres Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda KSB, Camat se-KSB dan hingga Kepala Desa se-Kecamatan Brang ene dan masyarakat Desa Mujahidin.

Usai sholat subuh berjamaah, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan, mulai dari bantuan paket pembangunan program PDPGR untuk Kecamatan Brang Ene senilai Rp. 1.673.252.000,-. Bupati juga menyerahkan secara simbolis kepada masing-masing camat, yakni paket sembako sebanyak 1.586 paket atau untuk 1.586 kepala keluarga atau sejumlah warga miskin di KSB dengan nilai Rp 301.340.000,- dengan nilai subsidi Rp. 242.026.940,-. Penyerahan sembako untuk pengurus masjid Al-Muhajirin, dan penyerahan 20 paket sembako kepada 20 wanita lansia oleh Ketua TP-PKK KSB, Ibu Hj. Hanifa Musyafirin, S.Pt.

Camat Brang Ene, Ns. Kamaluddin, S.Kep dalam laporannya menyampaikan, kondusifitas keamanan di Kecamatan Brang Ene tetap terjaga. Kamaluddin juga menegaskan, pihaknya akan terus mempertahankan Kecamatan Brang Ene sebagai Kecamatan Bebas Mercury.

Bupati  Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam sambutannya mengatakan, kemiskinan di KSB adalah penyakit mental. Sebab, masih ada warga yang mengaku-ngaku miskin. Bupati pun mengajak masyarakat Desa Mujahidin untuk tidak bermental miskin. Untuk keluar dari kemiskinan, maka harus melakukan transaksi dengan Allah. ‘’Caranya, dengan membaca Al-Qur’an, mendirikan sholat berjamaah dan menginfakkan sebagian rizki baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan,” ungkap Bupati mengutip Qur’an Surat Fatir ayat 29.

Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati 1439 Hijriyah/2018 menyasar delapan kecamatan. Safari ramadhan dengan model buka puasa bersama dilaksanakan di Desa Air Suning, Kecamatan Seteluk. Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang. Desa Bree Kecamatan Brang  Rea. Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh. Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano dan Desa Tamekan, Kecamatan Taliwang. Sementara sahur bersama dilaksanakan di Desa Mujahidin Kecamatan, Brang Ene dan Desa Mantun, Kecamatan Maluk.(Bagian Humas & Protokol)