TALIWANG– Menutup Kegiatan Safari Ramadhan tahun 2018 M / 1439 H, Bupati  Wakil Bupati beserta Jajaran mengunjungi Masjid Al-Khair Desa Tamekan, Kecamatan Taliwang (Kamis, 7 Juni 2018)

Bupati Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin, S.T dan rombongan disambut hangat oleh warga. Kegiatan diawali dengan berbuka di halaman SDN Tamekan, dilanjutkan dengan sholat magrib, sholat isha dan sholat tarawih serta penyerahan bantuan dari Pemerintah Daerah.

Untuk anggaran paket pembangunan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), Kecamatan Taliwang mendapat Rp. 36.047.382.250,- yang diterima secara simbolis oleh Camat Taliwang, Suryaman, S.Stp. Bupati juga menyerahkan bingkisan sembako untuk pengurus masjid Alkhair sejumlah 10 bingkisan serta penyerahan bantuan karpet shalat kepada masjik Alkhair senilai Rp. 7.500.000,- Selain itu, Ketua TP PKK KSB, Ibu Hj. Hanifa Musyafirin, S.Pt dan Ketua Umum GOW KSB, Ibu Neny Apriati Fud Syaifuddin juga menyerahkan 20 bingkisan sembako untuk para lansia.

Camat Taliwang, Suryaman, S.Stp melaporkan, Kecamatan Taliwang hingga kini tetap kondusif. Program-program Pemerintah Daerah juga berjalan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta para agen-agen PDPGR yang tersebar di 71 Peliuk yang bisa bersinergi dengan unsur pemerintah. ‘’Melalui kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa beberapa program PDPGR di tahun 2018 ini sudah mulai terealisasi Sehingga Jumlah orang miskin dan yang bermental miskin bisa dengan cepat turun. Saya juga ingin menjampaikan harapan warga desa Tamekan bahwa didesa ini terdapat beberapa titik yg rawan masuk air ketika air sungai brang rea meluap, oleh karean itu mohon agar Pemerintah Kabupaten membangunakan bronjong di titik-titik tersebut agar air sungai tidak masuk ke pemukiman warga.” ungkap Camat.

Bupati dalam sambutannya mengajak warga untuk menjaga kondusifitas wilayah, jangan sampai ada perkelahian, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba dan hal-hal negatif lainnya. “Mari kita tingkatkan kontrol sosial agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari dan dicegah.” Kata bupati.

Terkait aspirasi masyarakat tamekan agar dibangunkan Bronjong, Bupati langsung menginstruksikan sekretaris BAPPEDA untuk menganggarkannya di APBD Perubahan tahun ini juga.

Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini perhatian Internasional terhadap peningkatan kebersihan dan perlindungan anak dan perempuan sangat tinggi. “Tadi pagi saya menerima kunjungan dari Australian Aids yang akan menjalankan program senilai 1,6 juta $ untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan perlindungan terhadap anak-anak dan perempuan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Terakhir bupati menyampaikan bahwa Tahun ini sampai 2019 mendatang merupakan tahun politik. Kita dihadapkan dengan pemilihan umum. Hal ini pasti menimbulkan perbedaan ditengah-tengah masyarakat. Perlu diketahui bahwa sesungguhnya Perbedaan ini sengaja dibuat untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas. Perbedaan merupakan suatu sunatullah dan akan tetap ada sampai akhir zaman, namun perbedaan tersebut jangan menjadi penghalang kita untuk saling bersilaturahim kita harus tetap menjaga Ukhuwah. “Perbedaan itu hanya bisa diatasi dengan saling memahami diantara kita. Jika sudah saling memahami, sebesar apapun perbedaan yang ada tidak akan mudah kita dipecah belah” tandas Bupati.

Sementara itu, yang memberikan ceramah pada Safari Ramadhan kali ini adalah Ustadz Burhanuddin, S.Sos., I.,M.Pd.I.  Disampaikanya bahwa Lailatur qadar akan datang di malam 10 terakhir bulan Ramadhan. Malam dimana satu amalan dibalas seperti melakukan amalan yang sama selama 1000 bulan. “Besar Kemungkinan malam lailatul qadar akan datang malam ini karena berdasarkan penelitian para ulama, jumhur ulama berpendapat bahwa Lailatul Qadar biasanya di malan jumat dan malam ganjil, kondusi ini mirip dengan kondisi malam ini, oleh karena itu mari perbanyak zikir dan istigfar mohon ampunan kepada Allah” pesan ustadz.

Safari ramadhan kali ini sekaligus menutup seluruh rangkaian safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat tahun 1439 Hijriyah / 2018 M, setelah sebelumnya di ketujuh Kecamatan lainnya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan safari ramadhan yang diawali dari kecamatan Seteluk, berlanjut ke Kecamatan Sekongkang, kemudian Kecamatan Brang Rea, Safari Sahur ke Kecamatan Brang Ene, Safari buka puasa ke Kecamatan Jereweh, Kecamatan Poto Tano, Safari Sahur ke Kecamatan Maluk dan berakhir di Kecamatan Taliwang. Disetiap safarinya Bupati selalu memberikan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (Bagian Humas & Protokol)