TALIWANG—Berlokasi di Pulau Kenawa di gugusan Gili Balu (delapan pulau kecil), Kecamatan Poto Tano, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M melaunching paket wisata petualangan Sumbawa Barat (Wild West Sumbawa Cruise).

 Launching paket wisata kerjasama antara ASDP, Pemerintah KSB, Dinas Perhubungan Provinsi NTB dan Lombok Cruise ini, ditandai dengan pembacaan basmalah dilanjut pemukulan gong oleh Bupati didamping Anggot DPR RI asal NTB, H. Nanang Samodra, Sekda NTB dan pejabat Pemprov NTB serta pejabat lainnya. ‘’Dengan izin kita semua, mengharap ridho dari Allah SWT dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Wild West Sumbawa Cruise diresmikan,” ucap Bupati dilanjutkan dengan pemukulan gong, Sabtu siang (24/06/2018).

Hadir juga pada launching paket wisata Wild West Sumbawa Cruise Komisaris Utama PT. ASDP, Danlanal Ampenan, Anggota Forkopimda KSB, Kepala OPD KSB, Asita, Astindo, PHRI, PHI, Direktur Lombok Cruise dan puluhan wisatawan mancanegara. Paket wisata ini menyuguhkan pelayaran wisata menyinggahi sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, yang salah satunya adalah Pulau Kenawa. Pulau Kenawa sendiri menjadi spot dinner atau makan malam serta camping dari paket wisata yang bertarif mulai Rp. 750.000 per orang ini.

Dikatakan Bupati, Pemerintah KSB semakin semangat membangun sektor pariwisata yang merupakan salah satu bidang yang prospektif ke depannya. Sebab, sumber daya alam di negeri ini sangat kaya dan menjanjikan. Bupati pun berharap, paket wisata ini tidak hanya fokus di Pulau Kenawa, tetapi ke spot wisata lainnya di KSB. Pemerintah KSB pun siap bekerjasama dengan ASDP dan Damri. Apalagi infrastruktur sudah dibangun, mulai jalan lingkar barat, dari Poto Tano, Dermaga lalar dan lainnya.

Diungkap Bupati, semestinya Pulau Kenawa dan Pulau Paserang sudah tertata dengan baik, yakni dengan terbangunnya kondomium atau penginapan. Investor pengembang dua pulau ini adalah dari Swedia. Namun sejak tahun 2013, pengembangan Pulau Kenawa dan Paserang masih terkendala perizinan. Panjangnya birokrasi perizinan dari provinsi, hingga ke pusat. Mudah-mudahan tahun depan bisa selesai sehingga semua bangunan berdiri. ‘’Dapat kami sampaikan juga, Bulan Agustus mendatang akan digelar kejuaraan surfing internasional di Pantai Tropicana, Sekongkang yang digelar oleh Word Surfing Liga,”ungkap Bupati.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, Ir. I.G.B Sumbawanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Petualangan Sumbawa Barat adalah paket kerjsama yang baik antara pemerintah dengan swasta. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB merupakan inisiator paket wisata ini, dan mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Target utama dari paket Wild West Sumbawa Cruise ini adalah tamu atau turis dari luar negeri yang ada di tiga gili Kabupaten Lombok Utara. Dengan demikian, luapan turis 3.000 lebih KLU dapat dinikmati juga oleh KSB. Selanjutnya, pariwisata KSB akan menjadi destinasi yang dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. ‘’Kenawa titik awal kebangkitan pariwisata KSB. Kedepan, dari Kenawa, wisatawan akan disuport ke tempat wisata lainnya di KSB, ada Pantai Kertasari, Jelenga, Maluk hingga Sekongkang, dan negeri di atas awan yakni Desa Mantar. Bapak-bapak, ibu-ibu jangan mati sebelum ke Mantar,” kata Sumbawanto.(Bagian Humas & Protokol)